Tips Menjadi Marketing yang Handal

Bila anda adalah seorang Marketing seperti saya, anda pasti berharap bisa menjual barang/jasa sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan anda. Ilmu Marketing adalah ilmu yang sangat berguna dan sebenarnya kalau kita benar-benar mau mendalaminya, akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Pada dasarnya Marketing mengandung arti yang tidak sama dengan apa yang kita kenal dengan Salesman/Saleswoman.
Mungkin ada satu kemiripan dalam tugas pokok sebagai Marketing/Salesman, yaitu sama-sama menjual produk. Tapi dalam hal yang lebih luas, produk yang ditawarkan Marketing bukan hanya produk berupa barang akan tetapi juga Jasa. Kalau Salesman sudah bisa dipastikan produk yang ditawarkan berupa barang. Tapi ini bukan topik yang sebenarnya yang ingin saya bahas.
Tugas utama seorang Marketing adalah menjual barang/jasa dari perusahaan tempat kita bekerja sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut. Kalau kita tidak melakukan tugas Marketing dengan benar, maka target tersebut akan menjadi beban buat kita. Tapi, apabila kita sudah mengerti bagaimana menjadi Marketing yang benar hal tersebut bisa kita atasi.
Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan disini mengenai Menjadi Marketing yang Handal. Yang menjadi dasar tulisan/opini saya adalah pengalaman selama 6 tahun menjadi seorang Marketing serta pelatihan dan seminar yang saya ikuti.
Hal pertama yang mempengaruhi seorang itu bisa menjadi seorang Marketing yang bagus adalah penampilan. Diusahakan sebisa mungkin anda berpenampilan yang menarik dan selalu kelihatan rapi. Hal ini juga berpengaruh pada kesan yang anda berikan pada calon konsumen anda. Apabila anda selalu berpenampilan yang baik, rapi dan sopan calon konsumen akan merasa senang dengan kedatangan anda. Gunakanlah selalu bahasa yang baik dan sopan untuk menjelaskan produk anda. Kesan yang diberikan oleh kita pada calon konsumen juga mempengaruhi hasil penawaran kita.
Tampakkan wajah ceria dengan tersenyum. Senyuman adalah senjata yang cukup efektif, bukan bermaksud menggoda jika kebetulan calon konsumen anda adalah seorang wanita. Tapi dengan tersenyum bisa mencairkan suasana yang mungkin agak panas jika terjadi tawar menawar harga. Harapan konsumen adalah mereka bisa mendapatkan suatu barang yang bagus dengan harga yang murah. Itu sudah menjadi hukum pasti dari calon konsumen kita. Yang sering terjadi pada saat kita memasuki tahap penawaran harga, emosi kita sering terpancing saat menyodorkan harga produk/jasa kita yang kemudian dicounter dengan penawaran harga yang diajukan oleh calon konsumen kita. Hal tersebut bisa kita cairkan lewat senyuman dan penjelasan yang baik tentang harga yang telah ditetapkan.
Gunakan selalu bahasa yang baik dan mudah dimengerti oleh calon konsumen agar mereka bisa benar-benar memahami apa yang kita tawarkan. Penjelasan tentang keunggulan produk bila disampaikan dan bisa diserap dengan benar bisa memupuskan keraguan calon konsumen pada produk/jasa yang kita tawarkan.
Itu hanya sebagian kecil aja Tips menjadi Marketing yang baik dan bisa menjual sesuai target. Untuk pembahasan lain, akan sayan lanjutkan pada tulisan saya berikutnya. semoga ini memberikan tambahan pengetahuan bagi anda yang berprofesi sebagai marketing. Jika ada pendapat dan gagasan lain, bolehlah kita bertukar ilmu dan informasi.

Leave a Reply